Rabu, 30 April 2014

EKSPLORASI LANJUTAN NEW SOUTH WALES (AUSTRALIA)

Eksplorasi lanjutan New South Wales ( Australia )


Latar Belakang


 Daerah pemukiman di New Wales pada awalnya hanya sebagian kecil daerah benua Australia yaitu hanya berpusat di Port Jakson, Parramata, dan Hawkesbury River. Pada waktu itu orang-orang inggris belum tau bagaiamana benua Australia, seperti bentuk, luas, keadaan geografisnya bahkan mareka belum mengetahui sampai lima belas tahun sesuadah orang kolonis pertama tiba di benua Australia. Mareka juga tidak mengetahui bahwa benua Australia ini merupakan daerah yang berbentuk pulau, ini semua karena pada waktu itu pemandangan ke padalaman masih terhalang oleh barisan pengunungan Blue Mauntains. Maka dengan hal sedemikian itu membuat mareka melakukan tindakan baru untuk menjelajah benua tersebut dengan cara melakukan baerbagai eksplorasi baik melalui darat atau eksplorasi pedalaman dan melalui laut. Yang akhirnya akan terungkap tentang keadaan benua Australia tersebut.

Eksplorasi Lanjutan di Benua Australia Melalui Laut

Dalam melakukan pelayaran untuk mengetahui tentang benua Australia berpusat pada seorang pelaut yang bernama Matthew Flinders, dia datang pertama kali ke benua Australia pertama kali sebagai seorang taruna atas kapal Reliance yang bertugas membawa gubernur Hunter ke New South Wales pada tahun 1795. Dalam pelayaran tersebut dia berkenalan dengan seorang dokter yang bernama George Bass, ternyata mareka berasal dari daerah yang sama dan juga tertarik pada eksplorasi dan penumuan.

Bass dan Matthew Flinders melkukan ekplorasi dengan kapal kecil yang di bawa Bass dari Inggris yang di namai Tom Thumb, mareka melakukan ekpolrasi ke luar Port Jackson tepatnya di pantai muara sungai George, setelah mareka menyampaikan kepada gubernur tentang daerah yang mareka temukan dan gubernurpun tertarik maka didirikanlah pemukiman baru disana yang dinamai Bankstown. beberapa bulan kemudian mareka melakukan oksplorasi ke selatan di Fort Hacking disana mareka bertemu dengan penduduk asli Australia.

Karena keberhasilan dua kali melakukan eksplorsi membuat Bass dan Flinders bersmangat untuk melanjutkannya, karena dengan semangat mareka juga Gubernur menganjurkan untuk dialkukannya eksplorsi lanjutan. Bass juga menemukan Batubara di Coalcliff tempatnya 20 mill di sebelah selatan Botany Bay. Dengan penemuan tersebut membuat meningkatnya perhatian pemerintah koloni di New South Weles meningkat karena dianggap satu sumber kemakmuran New South Weles. Bass juga menemukan Wasstemport pada tahun 1798. Bass bersama Flinders juga mengelilingi Van Diemen’s Land dengan kapal Norflok pada bulan Oktober 1798 yang merupakan pelayaran eksplorasi terakhir mareka.
Dengan adanya ekplorasi Bass dan Flinders membuat pemerintah tertarik yang kermudian sejak permualaan abad ke 19 penyelesaiaan terhadap penemuan benua Australia dilakukan oleh pemerintah secara sistematis. Pada tahun 1800 dikirim kapal besar yang dinamai Lady Nelson yang kepalai oleh James Grant. Kapal Lady Nelson tersebut tetap berada di New South Weles sampai tahun 1825.
Flinler juga kembali ke pantai Australia pada tanggal 6 Desember 1801. Pada tahun 1503 dia mengelilingi benua itu dengan kapal Investigator yang kemudian menerbitkan peta seluruh benua itu yang memperlihatkan bahwa benua tersebut berbentuk pulau.

Eksplorasi Lanjutan Melalui darat atau eksplorasi pedalaman dan Perluasan Pemukiman

Setelah bagian pantai telah diketahui secara rinci, tetapi wilayah pedalaman masih belum diketahui bahkan sampai Lachan Macquarie memangku jabatan gubernur pada tahun 1810, tentang daerah pedalaman masih belum diketahui karena terhalang oleh gunung-gunung. Di daerah pedalaman New South Weles terbentang tanah datar luas yang rata, tanah datar ini berakhir pada lereng bukit barisan yang membentang dari utara ke selatan dari Cape York ke Wilson Promontory.

Niat untuk meluaskan area pemukiman baru itu merupakan faktor kuat untuk melakukan ekplorasi di pedaaman disamping tumbuhnya semangat petualalangan. Dalam hubungan ini dapat disebutkan beberapa nama seperti kapten William Paterson yang memimpin satu rombongan orang –orang skcot pada tahun 1739, Henry Hacking tahun 1796, dan pada tahun 1804 George Cayley juga melakukan perjalanannya. Blaxland dan saudaranya pada tahun 1806 juga menemukan bahwasanya perternakan labih bagus dengan padang rumput yang luas.

Jalan yang ditemukan oleh Blaxland dan teman-temannya itu diikuti oleh surveyor G.A Evans yang menuruni barisan dan melintasinya. Pada tahun 1817-1818 John Oxley menemukan sumber sungai Lachlan dan sungai Macquarie. Dan ditemukannya dataran Liverpool serta pemetaan daerah yang terletak antara Port Macquarie dan Newcastie. Selanjutnya tahun 1820-1830 merupakan tahun yang penting yang diisi oleh cerita-cerita pembukaan Australia.

Keberhasilan melakukan Eksplorasi ini, baik eksplorasi pantai maupun eksplorasi pedalaman membuka pintu bagi perluasan koloni New South Weles dalam area pemukiman dan kemungkinan berdirinya koloni-koloni lain di sudut-sudut strategis Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar